SEKILAS INFO >
Sabtu, 03 Desember 2022
  • Selamat Datang di Website Resmi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang

SEJARAH

MA Negeri (MAN) 1 Koto Baru Padangpanjang (sekarang MAN 2 Kota Padang Panjang), merupakan salah satu madrasah aliyah negeri yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Sama dengan MA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII dengan tiga program yaitu program IPA, IPS dan Keagamaan.

Perjalanan panjang perintisan berdirinya MAN 1 Koto Baru Padangpanjang, dimulai sejak tahun 1970. Ini merupakan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh siapa pun, khususnya masyarakat Padangpanjang, dan keluarga besar di lingkungan Departemen Agama. Madrasah Aliyah Negeri Kotobaru Padang Panjang berawal dari sebuah PGA Swasta (Pendidikan Guru Agama) dibawah Yayasan Pendidikan Islam Kotobaru berdiri tahun 1970, dan diresmikan menjadi PGA Negeri 6 Tahun. Seirin dengan perubahan zaman, PGAN 6 tahun ini berubah nama menjadi MAN, tepatnya tanggal 12 Juli 1980, sesuai dengan KMA No. 62 tahun 1980. Kemudian dengan Keputusan Menteri Agama (KMA. No.68/V/I.a/1983 tertanggal 29 Mei 1983 berubah nama menjadi MAN/MAK 1 Padangpanjang.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 73 Tahun 1987, MAN 1 Koto Baru Padangpanjang  ditunjuk sebagai madrasah penyelenggara program Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK), bersamaan dengan empat MAN 1 Jember, MAN Yogyakarta (Jawa Tengah), MAN Ujung Pandang Sulawesi Selatan, dan MAN Ciamis Jawa Barat. MAPK adalah program pendidikan unggulan setingkat MA dengan komposisi kurikulum pembelajaran 70 % Ilmu-Ilmu Agama Islam dan 30 % Ilmu-Ilmu Umum. Setelah enam tahun berjalan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 371 tahun 1993, nama MAPK diubah namanya menjadi Madrasah Aliyah Keagamaan (MAKN).

Program MAPK-MAK berjalan baik dan berkembang dengan ditunjukkan oleh para lulusan yang berkualifikasi baik dan semua orang mengakui hal itu. Sekarang para alumni bekerja mengabdikan dirinya di berbagai bidang, di bidang pendidikan, di lembaga pemerintahan, di jalur politik, di bidang militer, di bidang hukum, mubalig, dan berkecimpung di masyarakat. Program MAPK itulah yang mampu membawa MAN 1 Koto Baru Padangpanjang terkenal dan dikenal tidak saja di kawasan provinsi Sumatera Barat, di Indonesia, tetapi juga dikenal hingga di kawasan regional.

Dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi poin 5 dinyatakan bahwa pada tahun pelajaran 2007/2008 Madrasah Aliyah penyelenggara MAK tidak diperkenankan menerima murid lagi. Merujuk surat edaran tersebut, pada tahun pelajaran 2007/2008 MAN 1 Koto Baru Padangpanjang tidak menerima siswa baru program MAK. Sebagai gantinya, MAN 1 Koto Baru Padangpanjang membuka jurusan Program Ilmu Agama Islam sebagaimana yang disarankan Kurikulum 2006.

Selain dua program unggulan tersebut, MAN 1 Koto Baru Padangpanjang mengembangkan pula berbagai program keterampilan, yaitu program keterampilan pertanian, program keterampilan tata busana dan program keterampilan meubuler. Selain pengembangan program, memenuhi dirinya pula dengan berbagai sarana prasarana pembelajaran, media pembelajaran berteknologi canggih, dan keragaman program pengembangan kesiswaan, dan program pengembangan profesionalitas guru, serta karyawan. Harus diakui, para alumni MAN 1 Koto Baru Padangpanjang terus berkembang, mengisi kebutuhan masyarakat. Mereka ada di mana-mana, di berbagai sector kehidupan masyarakat dan pemerintahan, serta bidang pendidikan. Mereka semua berkarya di bidang wiraswata, pegawai negeri, dosen, guru, mubalig, bidang hokum, militer, kepolisian, yang siap mengabdikan dirinya membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Di masa kepemimpinan Drs. Aguslir, MAN Koto Baru Padang Panjang kembali berkiprah di kancah nasional dengan keluarnya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor. 4923 Tahun 2016 Tentang Penetapan Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keagamaan. Beriringnya waktu MAN Kotobaru berubah nama (nomenklatur) menjadi MAN 2 Kota Padang Panjang sampai sekarang. Dengan demikian sampai sekarang MAN 2 Kota Padang Panjang sebagai salah satu Madrasah Aliyah Penyelenggara Program Keagaamaan secara Nasional di Indonesia, khususnya di pulau Sumatera.